Evolusi Software Dan Apikasi Yang Digunakan Dalam Akuntansi


     Zaman yang semakin modern membuat semua pekrjaan pun bisa dilakukan lebih cepat dan dengan teknologi uang lebih canggih. tidak terkecuali dengan pekerjaan accounting yang biasanya dilakukan para akuntan di seluruh Indonesia dan dunia. dahulu pekerjaan ini dilakukan secara manual dibuku dan menghiting secara manual atau menggunakan kalkulator, saat ini manusia sudah membuat teknologi yang lebih keren dan lebih canggih lagi.

Gambar terkait

     Software atau perangkat lunak akuntansi adalah sebuah program aplikasi yang memang dirancang khusus untuk mempermudah pekerjaan para akuntan dalam pencatatan transaksi usaha yang sama dengan seperti dilakukan secara manual. Seperti pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar, dan berbagai macam kegiatan lainnya unutk memnghasilkan pelaporan keuangan sebagi pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Biasanya software ini berasal dari software yang dikembangkan sendiri oleh sebuah perusahaan atau dibeli pihak lain yang menyediakannya, atau bisa juga berasal dari kombinasi antar keduanya. Oleh karena itu, kualitas, kompleksitas, dan kegunaan dari software akuntansi ini sangatlah beragam dan bergantung pada fungsi yang dibutuhkan  oleh sebuah perusahaan penggunya.
     Dengan menggunakan perangkat lunak atau software akuntansi, sebuah perusahaan bisa lebih cepat untuk menerbitkan sebuah laporan keuangan, karena memang jika dibandingkan dengan pekerjaan akuntansi secara manual, penggunaan software akuntansi akan jauh lebih menghemat waktu. Adapun beberapa software dan aplikasi dalam akuntansi sebabgi berikut:

Jenis-jenis Software Akuntansi 
1. Software Paket
    Jenis software akuntansi paket ini sudah tidak bisa di modifikasi/di edit lagi, artinya apa yang sudah ada di software paket adalah settingan pabrik yang sudah paten.
Kelebihan software paket adalah harganya yang relatif terjangkau (murah), sistem software paket sudah dibuat sedemikian rupa dan sangat mudah digunakan.
Kekurangan software paket ini adalah pengguna harus menyesuaikan kebutuhan dan kegiatan ekonominya sesuai dengan kemampuan software, jadi kemampuan software ini sebenarnya terbatas.

2. Software Costumize
     Software jenis costumize bisa di kostumasikan atau di modifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Modifikasi software bisa dilakukan saat atau setelah membeli aplikasi di software house nya. 
Kelebihan Software Costumize adalah bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunya, jadi tidak ada bagian yang mubazir karena tidak dipakai.
Kekurangan Software Costumize adalah harganya yang relatif lebih mahal karena software ini dikembangkan sendiri dan resikonya pun besar, disamping itu dukungan purna jualnya tidak bisa diandalkan, karena basis pengguna software yang rendah.
3. Software Paket Kostum
    Software paket kostum adalah software yang sudah dilengkapi dengan modul standar, namun bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan jika ada aktivitas diluar standar yang telah disediakan.
Kelebihan Software Paket Kostum adalah pada harga yang lebih terjangkau dibandingkan software yang dimodifikasi dari awal, stabilitasnya lebih terjaga, dan implementasi software bisa digunakan dengan cepat, yang pasti sesuai dengan kebutuhan yang digunakan.
Kekurangan Software Paket Kostum adalah waktu kostumasi yng cukup lama, dan terkadang software akuntansi tersebut membutuhkan tambahan perangkt lunak yang nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Aplikasi/ Software yang Digunakan Dalam Akuntansi yang Terkenal di Indonesia

1. MYOB (Mind Your Own Bussines)

download software akuntansi gratis

     MYOB adalah software pengolah data akuntansi yang cukup familiar di Indonesia. MYOB banyak digunakan untuk pembelajaran aplikasi akuntansi disekolah menengah atas, MYOB sangat disukai karena tampilannya yang sederhana dan pengoperasiannya yang sangat mudah. Dengan MYOB pengguna bisa membuat pembukuan untuk data-data keuangan pribadi atau perusahaan secara lengkap, akurat dan otomatis lebih cepat dibandingkan membuat secara manual. Kelemahan MYOB adalah tidak bisa memodifikasi laporan atau fieldnya, disamping itu juga tidak bisa menggunakannya untuk mengelola keuangan perusahaan dengan multicompany.

2. MOAE (Microsoft Office Accounting Express)

Hasil gambar untuk microsoft office accounting express
     MOAE merupakan sebuah aplikasi untuk membuat laporan keuangan yang dapat secara langsung menginput data transaksi dari nota, faktur, dan lainnya. Kelemahan MOAE adalah pada fitur perpajakan yang ada di Indonesia, namun MOAE cukup bisa menjadi pilihan software gratis andalan.

3. SISCOM Accounting Software


     SISCOM menyediakan layanan software akuntansi berbasis offline (memerlukan instalasi) dan juga software akuntansi online (berbasis cloud) yang tidak memerlukan proses instalasi karena pengguna akan login berdasarkan link tersimpan dengan koneksi via wi-fi atau internet. selain itu kebutuhan pembukuan dan akuntansi, SISCOM juga dapat digunakan sebagai software Point Of Sales (POS) yang memudahkan pengguna untuk melihat historis oenjuakan dan pemebelian secara real-time.

4. SAP  (System Application and Product)

Hasil gambar untuk gambar aplikasi SAP
      
     SAP adalah suatau software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalakan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. SAP merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Kekurangan/kerugian dari SAP adalah harga license tiap user SAP  yang relative mahal, biaya konsultan yang lumayan mahal, kelengkapan data entry dan batas waktunya yang menuntut kedisiplinan usernya (dimana dalam mengimplementasikan SAP, perusahaan harus menyediakan SDM yang sebagai user dan penanggung jawab atas Change Management Process).

5. Krishad



     Software ini khusus unutk pelaporan pajak, Krishad menyediakan formulir  pajak yang sesuai dengan peraturan pajak yang terbaru di Indonesia, sehingga para pelaku usaha tidak perlu lagi rept-repot menggunakan blanko pajak. Krishad dapat menghemat waktu pwngguna dengan membantu membuatkan laporan pajakyang akuran secara efektif dan efisien. Salah satu kelebihannya adalah untuk menampilkan semua berkas pajak dari yang terlama hingga yang terbaru yang kita simpan. Kelemahan Krishad ada pada usabilitasnya yang kurang baik.

6. Accurate Accounting


      Software yang satu ini memiliki versi bahasa Indonesia, dengan tampilan yang mirip dengan MYOB, Accurate accounting cukup user friendly. Kelebihannya yaitu form dan laporan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna, lalu fitur pajaknya juga didukung sesuai dengan kebijakan di Indonesia. Kekurangannya adalahhanya bisa login sebagai supervisor, dan hanya bisa membuka database, di haerd drive lokal computer juga tidak bisa melakukan migrasi.

7. iTBrain Indonesia

                                
     iTBrain Indonesia adalah program akuntansi yang dibuat oleh programer Indonesia, program ini akan membantu setiap pelaku usaha untuk mengelola data-data keuangan dengan akurat, data yang di hasilkan juga lengkap dan siap cetak.

8. Easy Accounting System (EAS)


     EAS dapat digunakan untuk menjalan berbagai jenis operasi bisnis dari distribusi, jasa, retail, konstruksi, rumah sakit, pendidikan , serta perusahaan manufaktur. Dengan aplikasi ini kita bisa mempraktikan bagaimana rasanya menjadi akuntan profesional. Kekurangan EAS yaitu tidak didukung web base, selain itu EAS juga hanya bisa dijalankan di OS Windows saja.

9. Omega Accounting
     Hasil gambar untuk aplikasi omega accounting      Hasil gambar untuk aplikasi omega accounting

     Omega Accounting program lengkap dengan sistem penjualan dan pembelian, dan secara otmatis akan membuatkan laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan dapat diubah formatnya, serta dikelompokan sesuai kebutuhan. Dalam hal input data Omega acc tersedia formulir untuk beberapa transaksi seperti stock opname, penjualan, pembelian, dan transaksi yang sering digunakan lainnya.


Demikian lah pembahasan saya
Semoga bermanfaat & Terima Kasih Sudah membaca dan berkunjung di blog saya

Jangan lupa beri komentar ya!

sumber:
http://www.akuntansilengkap.com/akuntansi/macam-macam-software-akuntansi-terbaik/
http://akuntansiku.com/7-macam-software-akuntansi-terbaik-indonesia-update/

Komentar

  1. Blogs nya bagus ya .Mendukubg sekali .
    Menambah pengetahuan pembaca,juga blog nya sangat menarik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komputer dari Kalkulasi hingga komunikasi atau tren teknologi komputer

Perkembangan Teknologi