Perkembangan Teknologi

       Pada saat ini perkembangan teknologi telah mempengaruhi banyak bidang, namun saya hanya akan membahas 4 bidang yang paling utama dalam perkembangan tenologi  yaitu sebagai berikut.

1. Dalam Bidang Kesehatan
         Teknologi informasi juga diaplikasikan pada bidang medis. Salah satu pengaruh yang menambah medium bidang kesehatan adalah banyaknya bermunculan aplikasi-aplikasi kesehatan yang dapat dengan mudah diakses melalui perangkat smartphone atau tablet, serta munculnya alat-alat kesehatan. yang tentu saja menimbulkan manfaat atau keuntungan bagi yang memberikan pelayan dan juga yang menerima pelayanan kesehatan. Berikut beberapa contoh alat yang telah ada karena kemajuan dari teknologi di bidang kesehatan.
     ➽ CT-Scan (computer Tomography)
           CT-Scan adalah alat medis yang digunakan untuk memotret bagian dalam tubuh seseorang tanpa pembedahan, yaitu dengan menggunakan sinar X.
         
                         Hasil gambar untuk gambar ct scan

     ➽ RoboDoc (Robot Check Up)
          RoboDoc adalah robot yang berfungsi untuk check up kesehatan yaitu mengontrol dan memonitor indikator vitalitas pasien dari kamar-kekamr lain tanpa ada gangguan (intervensi), yang sering terjadi ketika rumah sakit ramai.
                          Hasil gambar untuk gambar robodoc

     ➽  Melafind (scanner kanker kulit berbasis gelombang elektromagnetik)
           Fungsi alat ini adalah untuk membedakan atau mendeteksi antara tahi lalat yang tidak berbahaya dengan kanker kulit (melanoma). sistem kerja melafind ini yaitu dengan memanfaatkan teknologi dari fotografi dengan berbagai jenis panjang gelombang elektromagnetik. data yang telah didapat kemudian disamkan dengan database melanoma yang terkumpul sebelumnya.
                       Hasil gambar untuk gambar alat melafind

     ➽  Aspirin Elektrik
                  sakit kepala dan migrain umumnya dapat diredakan dengan aspirin, kiini ilmuwan telah mengembangkan perangkat kesehatan canggih yang mampu melawan rasa sakit akibat migrain dan sakit kepala. alat tersebut berupa pemancar sinyal listrik kecil yang dapat diimplankan pada kranial (tengkorak), khususnya pada bagian rahang yang bergusi. Alat tersebut akan memancakan sinar implus listrik yang akan memblokir sinyal sakit kepala yang dipancarkan oleh bagian sistem saraf yang disebut sphenopalatine ganglion (SPG) tersebut. 
                      Hasil gambar untuk gambar alat aspirin elektrik                           

     ➽  MyTensio
                MyTensio adalah sebuah alat yang mampu memonitor tekanan darah dalam jangka waktu tertentu. Penggunaan alat ini juga dapat disinkronkan dengan Smartphone, sehingga hasilnya dapat terlihat melalui smartphone. Alat ini sangat cocok digunakan bagi para penderita darah tinggi.
                Hasil gambar untuk gambar alat mytensio

     ➽ Lechal 
             Lechal adalah alat yang berfungsi untuk membantu mengarahkan tunanetra saat berjalan. Biasanya alat ini dipasang dibawah sepatu dan disinkronkan dengan smartphone melalui bluetooth, yang kemudian akan memandu mereka berjalan melalui suara yang keluar dari smartphone.
                     
          
                      Hasil gambar untuk gambar alat lechal



2. Dalam Bidang Pendidikan ( E-education)
         Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika pratiik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi. Dalam konteks pendidikan akhir-akhir ini telah banyak diperkenalkan model pembelajaran berbasis teknologi dengan berbagai macam istilah yang digunakan seperti Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Based Education (CBE), Computer Based training (CBT), dan sebagainya. Semua istilah tersebut pada intinya sama, yakni mengacu pada sistem yang mengandalkan pemanfaatan teknologi.

                       Gambar terkait

     Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidanng pendidikan yang bisa dilakukan, seperti:
1. Pembelajaran Berbasis Komputer
         Pendekatan pembelajaran melalui teknologi komputer ini dapat berbentuk antara lain:
   a. Bentuk belajar model, yaitu peserta didik dapat belajar melalui latihan-latihan yang diulang-ulang sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan tertentu, misalnya untuk pembelajaran praktikum
     b. Bentuk belajar simulasi, yaitu bentuk belajar peniruan kenyataan yang diabstraksikan dan dapat dilihat secara nyata melalui layar monitor, misalnya pada sesi permainan olah raga.
     c. Bentuk belajar permainan, dimna peserta didik dilibatkan dalam operasi mental dalam bentuk permainan.
     d. Bentuk pembelajaran tutorial, yaitu bentuk belajar yang diberikan dengan sistem modul, dalam hal ini komputer akan menampilkan informasi-informasi yang perlu diketahui dan dipahami serta direspon oleh peserta didik.
     e. Bentuk pembelajaran jenis tes, dalam hal ini peserta didik menyampaikan permasalahan yang sudah dikuasai dan belum dikuasai, sehngga ada umpan balik dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran selannjutnya.
2. Berbagi hasil penelitian, teknologi informai dan komunikasi dalam hal ini khususnya internet, telah banyak digunakan sebagai sumber untuk menunjang pendidikan.
3. Konsultasi dengan pakar initernet, juga banyak dimanfaatkan untukn berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berada ditempat lain. Hal ini menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi menjadi masalah.
4. Perpustakaan Online adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet.
5. Diskusi Online, yaitu aplikasi yang memungkinkan para pelajar dapat saling bertukar pikiran tanpa harus berkumpul disuatu tempat.
6. Kelas Online, aplikasi kelas online dapat digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti Universitas Terbuka dan sekolah-sekolah terbuka.

   Hasil gambar untuk gambar untuk kelas online        Gambar terkait

Dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interksi antara dosen dan siswa,  baik dalam bentuk real time (waktu nyata) ataupun tidak. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga di implementasikan kedalam web, begitu juga dengan penyelesaian administrasiyang dapat diselesaikan langsung dalam satu proses, apalagi didukung dengan metode pembayaran online.
Ada beberapa pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan untuk para mahasiswa sebagai berikut:
a. Perpustakaan Elektrik (e-library)
b. Surat Elektronik (E-mail)
c. Ensiklopedia
d. Jurnal atau majalah ilmiah
e. Pengembangan Hompage dan sistem Distribusi Bahan Belajar secara Elektronik (Digital)
f. Video Teleconference

  Sebagai tambahan sedikit mengenai teknologi dalam bidang pendidikan yaitu:
E-learning adalah sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses dimana saja. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dengan e-learning peserta ajar tidak perlu duduk dengan manis diruang kelas untuk menyimak setiap ucapan guru atau dosen secara langsung, e-learning juga dapat mempersingkat jadwal target pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.


3. Dalam Bidang Keuangan dan Perbankan
    Keuangan
    Perkembangan teknologi dalam bidang keuangan sekarang ini sudah berkembang sangat pesat, yang menjadikan setiap kegiatan keuangan masyarakat dapat teratasi dengan baik, sebagai contoh berikut ini terdapat satu inovasi baru yang memudahkan kita dalam hal keuangan.

Hasil gambar untuk gambar fintech
     Pada tahun 2016 dihadirkan dalam dunia bisnis keuangan berbasis teknologi yang disebut dengan Fintech (financial technology). Fintech merupakan penciptaan produk yang lebih baik dan lebih efektif, proses, layanan, teknologi dan gagasan yang diterima oleh pasar, masyarakat dan pemerintah. Perkembanngan fintech dapat mumbuat lembaga keuangan lebih mudah dijangkau masyarakat, kerena relatif tidak terkendala infrastruktur. Konsep yang diambil oleh Fiintech adalah pepaduan antara financial dan technologi yang digabung dengan setuhan inovasi modern. Diharapkan hal ini dapat membuat proses transaksi keuangan menjadi lebih praktis serta aman digunkan. Beberapa hal yang dihitung masuk kedalam Fintech adalah proses peminjaman uang secara peer to peer, jual beli saham, trasnfer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ternyata Fintech sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat, seperti:
Pertama, membantu perkembangan baru dibidang StartUp. StartUp dibidang technologi yang sudah menjamur ternyata juga mempengaruhi perkembangan  StartUp dibidang financial.
Kedua, meningkatkan taraf hidup masyarakat. Fintech tak hanya fokus uuntuk mendapatkan laba yang besar, nyatanya taraf hidup masyarakat juga ikut meningkat dengan hadirnya inovasi financial yang satu ini.
Ketiga, pinjaman dengan menggunakan sitem bunga tinggi dapat dikurangi. Kita amati berrsama bahwa lintah darat yang merupakan wabah dan kisah klasik masyarakat sebagai penolong saat diperlukan dengan menetapkan binga yang mencekik bisa dikurangi dengan adannya fintech. Dengan adanya fintech diharapkan masyarakat dapat menikmati pinjaman dengan lebih transparan agar tidak terjerumus kepada pilahan berhutang yang salah.
Era baru akan hadir dengan pembentukkan Asosiasi fintech yang akan membuat bidang ekonomi menjadi lebih praktis, fintech juga dapat menjangkau masyarakat dengan cakupan seluruh kalangan ekonomi.
Perbankan
     Teknologi telah mengambil peranan besar disegala aspek kehidupan manusia, dari cara kita bekerja hingga cara kita menghabiskan waktu untuk bersenang-senang. Teknologi telah mengubah segalanya termasuk cara manusia untuk melakukan aktifitas perbankan mereka. Dengan bantuan perbankan, kini nasabah bank, tidak perlu lagi bertatap muka dengan teller untuk menyetorkan uang, mengecek saldo, atau melakukan transfer antar bank. Karena sekarang sudah hampir semua aktivitas perbankan dapat mereka lakukan di telapak tangan mereka dengan smartphone. Bahkan, semakin hari jenis aktivitas perbankan menjadi semakin kompleks, yang menuntut dunnia perbankan untuk terus berkembang. Bukan tidak mungkin dimasa depan jumlah bank fisik akan berkurang atau hilang sama sekali, karena seluruh transaksi dapat dilakukan via internet atau elektronik. Berikut beberapa teknologi dari perbankan.
     1. ATM
Hasil gambar untuk gambar mesin ATM
         ATM atau Automated Teller Machine adalah salah satu temuan terbesar yang pernah ada di sejarah perbankan. ATM mervolusi perbankan yang mulanya mengharuskan nasabah datang dan bertatap muka dengan teller untuk menarik uang menjadi lebih cepat dan mudah dengan bantuan mesin. Awalnya ATM menggunakan microcontroller khusus dengan arsitektur tersendiri yang mengamankan data yang diproses. Kini, dengan semakin murahnya perangkat keras, ATM mulai mengadopsi arsitektur perangkat kers dari PC (Personal Computer) dan beralih dari teknologi microcontroller. Sekarang ATM dapat digunakan untuk melakukan penarikan tunai, penyetoran tunai, pembayaran tagihan-tagihan, membeli pulsa, dan transfer tunai. Sementara pada beberapa ATM khusus dapat mencetak buku tabungan, mengisi saldo dompet elektronik, hingga menarik uang dengan bantuan ponsel.

     2. Mobile Banking dan Internet Banking
         Gambar terkait

        Dengan mendekatkan teknologi perbankan ke nasabah melalui teknologi mobile Banking, nasabah akan mendapatkan kemudahan bertransaksi, juga nasabah tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari ATM demi keperluan transfer karena semua sudah ada di smartphone mereka melalui mobile banking. Mobile Banking juga mempermudah pelangganya untuk mealukan pengecekan saldo, pengiriman uang, dan bahkan mendapatkan informasi seputar produk-produk perbankan yang ditawarkan kepada mereka.
           Teknologi perbankan lainnya adalah Online Banking (Internet Banking), dimana seluruuh transaksi yang ada dilakukan melalui internet dengan sistem keamanan yeng lebih mutakhir, walau dengan celah keamanan yang lebih banyak juga. Hanya saja, belum semua daerah di Indonesia dapat menikmati layanan Internet Banking dikarenakan konektivitas internet yang belum merata, terutama di daerah-daerah terpencil. Di sinilah mobile banking mengambil peranan dengan aplikasi perbankan yang dapat diakses via SMS atau aplikasi dalam SIM toolkit (STK) yang di sediakan.

     3. Dompet Elektronik (E-Wallet)
Teknologi Perbankan | e-Wallet
  
           Salah satu contoh dari E-wallet yang paling terkenal adalah PayPal, yang masih dipercaya menjadi solusi oleh para penggunanya untuk bertransaksi secara online. Penggunaan e-wallet yang umum di Indonesia antara lain sebagai salah satu metode pembayaran di toko fisik maupun online, sebagai pembayaran tiket kereta dan bus juga gerbang tol. Selain membuat transaksi penggunya lebih praktis, keamanan e-wallet juga terbilang jauh lebih aman dibandingkan dengan kartu debit dan kartu kredit.

     4. Kartu Debit dengan Cip
Teknologi Perbankan | Kartu Debit dengan Cip

        Untuk melindungi identitas konsumen salah satu dari beberapa bank telah mengganti teknologi lama pita magnetik dengan cip yang lebih mutakhir pada kartu debit. Sebagai bank yang peduli akan keamanan nesabah mereka dalam bertransaksi, Permata Bank adalah salah satu dari beberapa bank yang mengubah kartu debit konvensional mereka menjadi kartu debit dengan cip, yang diharapkan akan menjadi sebuah solusi transaksional yang akan memungkinkan nasabah uuntuk melakukan transaksi di manapun dan kapapun tanpa perlu khawatir akan keamanan data mereka.


4. Dalam Bidang Pemerintahan (E-government)
    Hasil gambar untuk gambar e-government

        E-goverment mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah, seperti meggunakan intranet, dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainya. Pada intinya E-government adalah penggunaan teknologi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi  informasi dan komunikasi kemudian menghasilkan bentuk-bentuk hubungan seperti:
      ⇢  G2C (Government to Citizen), yaitu hubungan antara pemerintah dengan masyarakat
      ⇢  G2B (Government to Business), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pengusaha
      ⇢  G2G (Government to Government), yaitu hubungan pemerintah dengan pemerintah lain.
Meskipun relatif muda, namun tidak sedikit uang rakyat digunakan bagi pengembangan teknologi informasi bagi presionalisasi pemerintah dan pelayan umum. Strategi dalam pengembangan E-government yaitu: 
1. Pengembangan sistem pelayanan yang handal dan terpecaya serta terjangkau masyarakat luas.
2. Penataan sistem manajemen dan proses kerja pemerintah Pusat dan Daerah secara holistik.
3. Pemanfaatan teknologi informasi secara optimal.
4.Peingkatan peran serta dunia usaha dan pengembangan industri telekomunikasi dan teknologi    informasi
5. Pengembangan SDM di pemerintahan dan peningkatan e-literacy masyarakat.
6. Pelaksanaan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur.
Manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan (E-governmet):
➥Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat.
➥Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.
➥Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
➥Pelaksanaan pemerintah yang lebih efisien.
➥Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadapa aparat pemerintah dengan adanya transparasi kegiatan pemerintah.
➥Tersedianya informasi yang muda diakses oleh masyarakat melalui internet, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar.
➥Hilangnya birokrasi yang selama ini seolah-olah menjadi penghalang bagi masyarakat dalam berhubungan dengan pemerintah, sehingga pelaksanaan pemerintah menjadi lebih efektif dan efisien.


Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca
Terima Kasih sudah Membaca dan mengunjungi blog saya

Jangan lupa beri komentar ya!

sumber:
https://www.kompasiana.com/alyasavira/5801f501779773ed22756124/10-teknologi-kesehatan-canggih-yang-wajib-kamu-tau

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evolusi Software Dan Apikasi Yang Digunakan Dalam Akuntansi

Komputer dari Kalkulasi hingga komunikasi atau tren teknologi komputer